• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
  • 0819 4401 4959 (Mr. Arya)
    0812 1171 0829 (Ms. Rara)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)

HOBO Water Level Membantu Pemantauan Ekologis Untuk Pemulihan Kelp di Puget Sound

Minggu, 30 Juni 2024

Masalah

Selama beberapa dekade, penurunan besar dalam jumlah kelp banteng terapung telah didokumentasikan di beberapa tempat di Puget Sound dan Salish Sea di Pacific Northwest. Kelp banteng (Nereocystis luetkeana) adalah kelp besar yang tumbuh cepat dan menciptakan habitat makan dan perlindungan bagi berbagai kehidupan laut, berkontribusi besar pada produktivitas dan keanekaragaman hayati ekosistem laut pesisir.

Pada tahun 2020, Puget Sound Restoration Fund (PSRF), bekerja sama dengan beberapa suku, badan pemerintah, dan organisasi nonprofit, berkontribusi pada pengembangan Rencana Pemulihan dan Restorasi Kelp Puget Sound. Untuk mengatasi kurangnya data ekologis yang membatasi kemajuan konservasi/restorasi, rencana tersebut merekomendasikan pemantauan kanopi kelp dari permukaan, dikombinasikan dengan jaringan pemantauan bawah air yang luas dan sistematis.

Solusi Water Level

Pada musim panas 2021, PSRF dan mitra menyelesaikan survei di delapan situs indeks jangka panjang (dari Teluk Freshwater di Selat Juan de Fuca hingga Pulau Squaxin di selatan Puget Sound) untuk menilai hutan kelp melalui survei biologis. Pada tahun 2023, tiga pelampung penelitian pemantauan lingkungan dipasang dengan tujuan menetapkan survei berpasangan dan pemantauan lingkungan di masing-masing dari 14 situs indeks dengan tempat tidur kelp banteng kontemporer atau historis.

Untuk mengukur dan mencatat parameter lingkungan, tim peneliti PSRF mengerahkan Data Logger Suhu HOBO TidbiT MX2203 dan HOBO Data Logger pH & Suhu MX2501 yang diaktifkan Bluetooth, bersama dengan Water Level Konduktivitas/Salinitas Air Garam optik HOBO U24-002-C dan Data Logger Oksigen Terlarut HOBO U26-001 di dekat permukaan dan dasar kolom air. Sensor radiasi aktif fotosintesis (PAR) juga dipasang untuk mengukur cahaya, begitu pula HOBO Water Level Data Logger U20L-02 untuk mengukur suhu, level air, dan tekanan absolut (kPa) pada interval 15 menit.

sensor pintar smart sensor data logger

Tekanan absolut digunakan untuk menghitung kedalaman dengan mengalikan dengan faktor koreksi berdasarkan perkiraan konstan tekanan barometrik untuk Seattle, WA. Perangkat lunak HOBOware Pro digunakan untuk menyederhanakan proses ini, secara otomatis mengonversi pembacaan tekanan menjadi pembacaan tingkat air setelah titik referensi tingkat air ditambahkan.

(Tertarik memantau konduktivitas/salinitas air, suhu, kedalaman, dan oksigen terlarut dengan satu logger data? Lihat seri baru Logger Data Kualitas Air Multiparameter HOBO MX800 kami.)

Hasil

Data awal menunjukkan pergeseran dalam identitas taksonomi dan kelimpahan di seluruh gradien spasial, yang mengisyaratkan kegunaan jaringan data yang luas untuk memahami dinamika ekologi. PSRF mengantisipasi bahwa data dari jaringan pemantauan akan membantu tim memahami sumber daya alam yang ada dan spesies yang membentuk tempat tidur kelp, mendefinisikan lingkungan yang akan mendukung kelp dan meningkatkan kemampuan tim untuk membuat hipotesis yang berarti dan memilih situs restorasi, mendeteksi dan menginterpretasikan perubahan saat perubahan iklim dan dampak manusia lainnya terus meningkat, menghubungkan kepentingan kelp dalam wilayah tersebut, dan lebih luas lagi meningkatkan pemahaman tentang sistem laut di Timur Laut Pasifik.

Alatuji sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang testing dan monitoring, kami dapat memberikan solusi dan layanan monitoring air dengan kualitas terbaik serta harga yang bersaing. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

Alat Uji

  • Alamat: Jl. Raden Inten II No. 62 Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13440
  • Whatsapp : 081295957914 |081310661358 | 087878670721
  • Email : sales@taharica.com | sales@alatuji.com
  • Telp : (021) 86906777 | (021) 8690 6770




NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji