• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
  • 0819 4401 4959 (Mr. Arya)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)

Pentingnya Alat Ukur Konduktivitas Air untuk Monitoring Kualitas Air dan Ekosistem Perairan

Rabu, 29 Mei 2024

Pentingnya kualitas air yang baik tidak dapat diabaikan, karena tidak hanya untuk kesehatan masyarakat umum, tetapi juga untuk jaringan ekosistem yang ada didalamnya. Kontaminasi permukaan dan air tanah sangat mengkhawatirkan bagi ahli biologi, ilmuwan lingkungan, peneliti, dan pengelola kualitas air yang menilai efek polutan alami dan sintetis pada pasokan air. Alat Ukur konduktivitas air sangat ideal untuk memantau dampak pada sumber daya air dari polutan seperti garam jalan, air limpasan pertanian dan jalan raya.

 

 

Konduktivitas, atau ukuran kemampuan air untuk menghantarkan arus listrik, dipengaruhi oleh keberadaan polutan atau garam. Semakin murni air, semakin rendah konduktivitasnya. Pemantauan konduktivitas secara berkelanjutan di berbagai lokasi sepanjang aliran sungai atau sumur akan menentukan kapan dan di mana lonjakan konduktivitas tinggi terjadi, dengan tujuan mengidentifikasi sumber kontaminasi yang menyebabkan konduktivitas tinggi tersebut.

 

 

Konduktivitas juga dapat digunakan untuk memantau salinitas air. Salinitas adalah faktor penting dalam kesehatan ekosistem perairan dan penelitian pesisir dan muara. Cara paling umum untuk mendapatkan perubahan salinitas dari waktu ke waktu adalah dengan mencatat konduktivitas dan suhu, lalu menggunakan persamaan Skala Salinitas Praktis 1978 (PSS-78) untuk mengonversi ini menjadi salinitas dalam Unit Salinitas Praktis (PSU), suatu perkiraan yang diterima secara umum dari bagian per seribu (ppt). Sebagian besar perekam data konduktivitas dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat melakukan konversi ini menjadi salinitas.

 

 

Perekam konduktivitas air seperti data logger konduktivitas menggabungkan mikroprosesor bawaan, sensor, dan baterai dalam pelindung tangguh yang dirancang untuk penempatan bawah air jangka panjang. Mereka dapat ditempatkan dan dibiarkan tanpa pengawasan selama berhari-hari, minggu, atau bulan, mengumpulkan data pada interval yang ditentukan pengguna dan menyimpannya secara digital ke dalam memori perekam. Dengan beroperasi dalam mode pemantauan kontinu, perekam konduktivitas menghilangkan banyak kerumitan pendekatan pengumpulan data manual dan memfasilitasi pemantauan simultan dari beberapa lokasi.

 

Seiring permintaan untuk pemantauan konduktivitas air bertambah, demikian pula kebutuhan akan instrumen yang membuat proses tersebut lebih cepat, lebih murah, dan lebih akurat. Perekam data di bawah air seperti data logger konduktivitas adalah instrumen pilihan di kalangan peneliti dan pengelola sumber daya karena operasi 24/7, akurasi tinggi, kemudahan penggunaan, dan kemampuan analisis dan pelaporan berbasis komputer.

 

Salah satu alat pengukur konduktivitas air adalah HOBO U24-002 & U24-002-C. HOBO U24-002 & U24-002-C merupakan perekam data yang efisien biaya untuk mengukur salinitas, konduktivitas, dan suhu di lingkungan air tawar (U24-002) dan air asin (U24-002-C) dengan perubahan salinitas yang relatif kecil (±5.000 μS/cm), seperti teluk air tawar/asin, atau untuk mendeteksi peristiwa salinitas seperti upwelling, hujan lebat, dan peristiwa pembuangan.

 

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai alat ukur tekanan air lainnya, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui:

Alat Uji

  • Alamat: Jl. Raden Inten II No. 62 Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13440
  • Whatsapp : 081212482471 | 087878670721| 081295957914 |081310661358
  • Email : sales@taharica.com
  • Telp : (021) 86906777 | (021) 8690 6770
 



Produk Terkait dengan artikel Pentingnya Alat Ukur Konduktivitas Air untuk Monitoring Kualitas Air dan Ekosistem Perairan


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji