• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
  • 0819 4401 4959 (Mr. Arya)
    0812 1171 0829 (Ms. Rara)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)

Penggunaan Anemometer Untuk Mengukur Kecepatan Angin Bagi Paralayang

Selasa, 2 Juli 2024

Anemometer adalah alat ukur untuk mengukur kecepatan angin dan arah mata angin, pada umumnya alat ini biasa digunakan untuk bidang Meteorologi dan juga Geofisika. Ada hal yang harus diketahui bahwa anemometer ini adalah salah satu dari bagian alat stasiun cuaca atau biasa disebut Weather Station. Anemometer memiliki fungsi sebagai pengukur kecepatan angin serta alat ini juga mampu mengukur seberapa besar tekanan angin, cuaca, dan tinggi gelombang laut.

 

Paralayang adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan kain parasut yang diterbangkan dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau sebagai kompetisi. Olahraga ini bergantung kepada kecepatan angin karena untuk mendorong parasut hingga ke bawah dibutuhkan angin yang cukup kuat dengan kecepatan angin 3 - 4 kilometer perjam.

 

 

Sangat berisiko bagi paralayang jika kecepatan angina tidak mendukung. Banyak kasus jatuhnya paralayang yang menewaskan paralayang karena tidak bersahabatnya angin ketika lepas landas. Oleh karena itu dibutuhkan alat pengukuran kecepatan angina yang biasa disebut Anemometer atau dikenal dengan nama Wind Speed.

 

Wind Speed atau anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin pada sekitar alat tersebut. Pengukuran ini meliputi kecepatan angin, tekanan angin, dan tinggi gelombang laut. Wind Speed atau anemometer adalah alat yang sangat penting dalam olahraga paralayang karena alat ini akan menentukan apakah paralayang boleh lepas landas atau tidak.

 

Anemometer yang bagus adalah anemometer dengan pengukuran yang akurat karena banyak beberapa kasus bahwa banyaknya anemometer yang tidak akurat atau pengukuran meleset sedikit karena kurang atau tidak pernahnya dikalibrasi. HOBO Wind Speed atau Anemometer adalah produk terbaik yang mampu mengukur dengan akurat karena alat ini sudah bersertifikat kalibrasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

 

HOBO Wind speed atau anemometer ini juga bias digunakan untuk Weather Station atau stasiun cuaca sebab pengukuran pada HOBO wind speed atau anemometer ini sangat akurat. Banyak beberapa perusahaan terkenal memakai HOBO wind speed atau anemometer ini dan ada juga beberapa tambang yang menggunakan HOBO Weather Station dengan HOBO wind speed.

 

HOBO Wind Speed atau Anemometer ini berspesifikasi sebagai berikut :

Wind Speed Smart Sensor S-WSB-M003

 

Ukur kecepatan angin dari 0 sampai 76 m / s (0 sampai 170 mph). Sensor pintar ini memberikan data rata-rata pelaporan angin dan kecepatan tertinggi 3 detik untuk setiap interval logging. Ambang batas awal adalah 1 m / s (2,2 mph); Sensor bertahan hingga 170 mph. Model ini hadir dengan kabel 3m.

 

Fitur :

  • 3 cup anemometer with TEFLON® bearings and hardened beryllium shaft
  • Measure wind speed from 0 to 76 m/s (0 to 170 mph)
  • 170 mph survivability



Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Anemometer Untuk Mengukur Kecepatan Angin Bagi Paralayang


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji