• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
  • 0819 4401 4959 (Mr. Arya)
    0812 1171 0829 (Ms. Rara)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)

Pengaplikasian Vickers Hardness Tester

Rabu, 3 Juli 2024

Hardness tester atau uji kekerasan digunakan untuk menganalisa kekuatan dan tingkat kekerasan pada suatu material atau benda. Pengujian kekerasan yang paling sering digunakan ialah vicker hardness. Sebagai alat bantunya menggunakan Vickers Hardness tester.

 

Vickers Hardness Tester

Pengaplikasian Vickers Hardness Tester

Pada saat pengujian ini material yang diukur berupa roda kompresor pada turbocharger. Perinsip dasar dari pengujian ini sangat sederhana yakni indentor yang berbentuk pyramida menekan material atau benda yang diuji dan selanjutnya dievaluasi bagian permukaan benda atau material yang mengalami indentasi setelah diberikan penekanan yang telah atur besar gayanya.

 

Proses pertama, mengambil indentor yang mempunyai bentuk prima atau pyramid lalu dipasang pada mesin Vickers Hardness Tester. Setelah itu letakan benda material atau benda yang siap di uji, dalam hal ini material yang di uji adalah roda compressor. Taruhlah benda tersebut diatas meja pengujian, lalu putar lensa mikroskop ke arah roda compressor tersebut.

 

lalu atur ketinggian meja uji sertasesuaikan tingkat fokus antara mikroskop dengan benda uji. Hal ini bida kita lihat di monitor display sambil mengatur tinggi meja ujinya.

 

Setelah itu tekan tombol start maka indentor pyramid akan turun secara perlahan. Perhatikan monitor, nantinya akan terlihat nilai gaya penekanan yang terus meningkat hingga mencapai batas dari gaya yang telah ditentukan sebelumnya.

 

kemudian putar mikroskop pada wilayah yang diberi penekanan tadi, lalu perbesar tampilan layer menggunakan tombol control pembesar pada mesin vicker hardness tester untuk mengukur sudut lekukan dengan cara membuat garis sehingga ukuran panjang diagonalnya bisa ditentukan dengan mudah.

 

Hasil pengukuran vicker hardness akan terhitung secara otomatis dengan memakai software yang ada di dalamnya. Disitu akan terlihat nilai pengukuran untuk uji kekerasan

 




Produk Terkait dengan artikel Pengaplikasian Vickers Hardness Tester


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji