• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Metode Rockwell Hardness Test dan Rockwell Hardness Tester

Sabtu, 20 April 2024

Rockwell Hardness Test adalah pengukuran kekerasan berdasarkan kenaikan bersih kedalaman kesan sebagai beban diterapkan. Kekerasan tidak memiliki nomor unit dan biasanya diberikan dalam skala R, L, M, E dan K. Semakin tinggi jumlah di setiap skala berarti bahan lebih keras.

Hardness atau kekerasan telah banyak didefinisikan sebagai resistensi terhadap penetrasi lokal, menggaruk, permesinan, aus atau abrasi, dan menghasilkan. Banyaknya definisi, dan keragaman yang sesuai instrumen mengukur kekerasan, bersama dengan kurangnya definisi yang mendasar, menunjukkan kekerasan yang mungkin tidak sifat dasar material, melainkan satu komposit termasuk kekuatan luluh, bekerja pengerasan, kekuatan tarik benar , modulus elastisitas, dan lainnya.


Dalam metode Rockwell dari pengujian kekerasan, kedalaman penetrasi sebuah indentor bawah kondisi uji tertentu sewenang-wenang ditentukan. Indentor ini dapat berupa bola baja dari beberapa diameter tertentu atau kerucut berlian berujung bulat 120 ° sudut dan jari-jari 0,2 mm ujung, disebut Brale. Jenis indentor dan beban uji menentukan skala kekerasan (A, B, C, dll).

Sebuah beban kecil 10 kg pertama diterapkan, yang menyebabkan penetrasi awal dan memegang indentor di place. Kemudian, dial diatur ke nol dan beban utama diterapkan. Setelah penghapusan beban utama, pembacaan kedalaman diambil sedangkan beban kecil masih menyala. Jumlah kekerasan kemudian dapat dibaca langsung dari skala.

Kekerasan substrat keramik dapat ditentukan dengan uji kekerasan Rockwell dengan instrumen Rockwell Hardness Tester , menurut spesifikasi ASTM E-18. Tes ini mengukur perbedaan mendalam disebabkan oleh dua kekuatan yang berbeda. Menggunakan tabel konversi kekerasan standar, nilai kekerasan Rockwell ditentukan untuk beban yang diterapkan, diameter indentor, dan kedalaman indentasi.

Pengujian kekerasan plastik ini paling sering diukur dengan Rockwell Hardness Test atau Shore Hardness Test ( Durometer ). Kedua metode mengukur hambatan dari plastik terhadap indentasi. Kedua skala memberikan nilai kekerasan empiris yang tidak berkorelasi dengan sifat atau karakteristik lain yang mendasar. Rockwell kekerasan umumnya dipilih untuk 'keras' plastik seperti nilon, polikarbonat, plastik, dan asetal mana ketahanan atau merayap dari polimer kurang mungkin mempengaruhi hasil.

Hasil yang diperoleh dari tes ini adalah ukuran berguna resistensi relatif terhadap indentasi dari berbagai kelas dari plastik. Namun, Rockwell Hardness Test tidak memberikan data dengan baik sebagai prediktor properti lain seperti kekuatan atau ketahanan terhadap goresan, abrasi, atau pakaian, dan tidak boleh digunakan sendiri untuk spesifikasi desain produk.

Rockwell Hardness Tester digunakan untuk mengukur kekerasan logam mengukur ketahanan terhadap penetrasi seperti tes Brinell, tetapi dalam kasus Rockwell, kedalaman kesan diukur daripada daerah diametral. Dengan tester Rockwell, kekerasan ditunjukkan langsung pada skala yang tersambung ke komputer. Dial seperti skala benar-benar mengukur kedalaman, lulus pada unit khusus. Rockwell Hardness Test adalah yang paling sering digunakan dan serbaguna dari tes kekerasan.

 

sumber : http://www.calce.umd.edu/TSFA/Hardness_ad_.htm#3.1





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji