• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
  • 0819 4401 4959 (Mr. Arya)
    0812 1171 0829 (Ms. Rara)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)

Cara Penggunaan Dan Perawatan Refractometer

Rabu, 3 Juli 2024

Refraktometer adalah alat pengukur salinitas yang cukup umum. Disebut sebagai pengukur indeks pembiasan pada cairan yg dapat digunakan untuk mengukur kadar garam. Prinsip alat ini adalah dengan memanfaatkan indeks bias cahaya untuk mengetahui tingkat salinitas air, karena memanfaatkan cahaya maka alat ini harus dipakai ditempat yang mendapatkan banyak cahaya atau lebih baik kalau digunakan dibawah sinar matahari jadi sehabis kita mengambil sampel air laut kita langsung menghitungnya dengan alat ini. Refraktometer dapat diaplikasikan pada budidaya tambak tradisional, semi-intensif, dan intensif.

 

 

Cara penggunaan Refraktometer adalah :

 

  • Sebelum dipakai, Refraktometer dibersihkan dengan tisu mengarah ke bawah

  • Pada bagian prisma Refraktometer ditetesi dengan tetes cairan, semisal aquadest atau larutan NaCl 5%. Cairan dituangkan hingga melapisi seluruh permukaan prisma. Gunakan pipet untuk mengambil cairan yang ingin diukur.

  • Tutup secara hati-hati refraktometer dengan mengembalikan pelat ke posisi awal. Prisma jangan dipaksakan masuk jika sedikit tertahan.

  • Untuk mendapat hasil salinitas, tengok ke dalam ujung bulat refraktometer. Bakal terlihat satu angka skala atau lebih. Skala salinitas biasanya bertanda 0/00 yang berarti "bagian per seribu", dari 0 di dasar skala hingga 50 di ujungnya. Ukuran salinitas terlihat pada garis pertemuan bagian putih dan biru..

  • Setelah dipakai, Refraktometer wajib dibersihkan hingga kering menggunakan tisu atau kain lembut.

  • Refraktometer sebaiknya disimpan di tempat kering. 

  • Jangan sekali-kali menyentuh lensa (bagian optik) dengan tangan, apabila lensa kotor segera bersihkan dengan kertas lensa.
  • Jangan meninggalkan prisma masih dalam keadaan basah oleh sampel, bila Refraktometer tidak digunakan lagi.
  • Apabila alat tidak digunakan harus ditutup

 

Refractometer juga perlu dirawat agar menjaga kestabilisan dalam pengukuran, berikut adalah cara merawatnya:

 

  • Alat harus dijaga dalam keadaan kering dan suhu ruangan harus dalam keadaan baik, untuk menjaga bagian-bagaian optik dari tumbuhnya jamur.
  • Jika pengukuran indeks bias telah selesai, alat harus bersih kembali dan disimpan dalam kotak kayu.

 

Mengkalibrasi refraktometer adalah langkah pertama dalam menge#aluasi kadar dalamsampel. 6ni adalah tugas yang mudah tetapi sering diabaikan . Kalibrasi untuk memferifikasiagar pembacaan baseline tepat nol, memastikan bahwa pembacaan untuk pengukuran sampel berikutnya akurat . Pembacaan kadar yang tidak akurat dapat mempengaruhi kualitas sampel,misalkan untuk daya tahan penyimpanan sampel dan penjualan sampel. Refraktometer harusdikalibrasi pada awal setiap kali digunakan dan, tergantung pada berapa banyak sampel yangsedang diukur, dilakukan secara berkala selama proses sampling.

 

Kami menjual Refractometer – Sedia alat ukur kadar garam dengan berbagai Hasil gambar untuk ceklis logoMerk Hasil gambar untuk ceklis logoKompetitif Harga Hasil gambar untuk ceklis logoSpesifikasi Hasil gambar untuk ceklis logoProduk Berkualitas Hasil gambar untuk ceklis logoBergaransi.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji