• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Memantau Lahan yang Basah dengan Data Logger

Jum'at, 29 Maret 2024

Alasan baru untuk memulihkan, melestarikan, membangun, dan memantau lahan basah telah ditemukan setiap tahun. Lahan basah bertindak sebagai filter alami untuk air yang tercemar dan oleh karena itu memainkan peran penting dalam perlindungan kualitas air. Lahan basah juga melayani sebagai penyimpanan air banjir dan meminimalkan erosi. Selain itu, lahan basah membuat habitat banyak ikan dan satwa liar. Sayangnya, pembangunan komersial, ekstraksi sumber daya alam, dan pembuangan limbah telah mengurangi jumlah lahan basah di AS hampir setengahnya sejak 1950.

 

Kegiatan ini mengeringkan lahan basah, memanfaatkan air bawah tanah tabel, atau biarkan situs tercemar. Hilangnya lahan basah berkontribusi terhadap peningkatan jumlah kejadian banjir, dan lahan basah yang tercemar tidak hanya membahayakan kesejahteraan satwa liar, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan manusia, seperti kondisi pernapasan. Sisi baiknya, banyak organisasi menjalankan misi mereka untuk memulihkan lahan basah ke ekosistem asli mereka yang berkembang atau menciptakan lahan basah baru untuk ganti yang sudah dieliminasi. Selain itu, bank mitigasi lahan basah bermunculan di seluruh AS. Proyek konservasi lahan basah pihak ketiga ini mengizinkan perusahaan itu berdampak negatif pada lahan basah untuk mematuhi Bagian 404 dari Undang-Undang Air Bersih1 dengan mendanai proyek-proyek yang memulihkan dan membangun lahan basah baru. Untuk memastikan keberhasilannya, perlu dilakukan pemantauan lingkungan lahan basah kondisi seperti ketinggian air, suhu, dan curah hujan. Data ini membantu profesional menentukan kemajuan dan mengevaluasi kemunduran.

 

 

Data Logger Portable digunakan oleh banyak ahli di bidang pemantauan lahan basah. Misalnya, Departemen Pertanian A.S. menggunakan pencatat data ketinggian air untuk memantau lahan basah yang digunakan untuk menyerap polutan dalam air limpasan dari pertanian situs. Pemantauan juga memainkan peran kunci dalam penilaian kesehatan lahan basah yang ada. Misalnya, pemerintah menggunakan data ketinggian air dan suhu lahan basah untuk membuat keputusan tentang zonasi dan pengembangan. Data yang dicatat juga digunakan untuk membuat standar kualitas air. Misalnya, Baylor Experimental Aquatic Fasilitas Penelitian (BEAR) mengembangkan kriteria nutrisi untuk aliran air yang dapat digumpalkan Texas. Peneliti BEAR menggunakan pencatat data portabel untuk memperoleh data setelahnya memanipulasi parameter lingkungan dalam sistem lahan basah buatan mereka.

 

 

Gambaran Umum Data Logger, dan Terbukti Teknik Pemasangan di Lahan Basah

Berbagai metode dan konstruksi digunakan untuk menginstal data portabel penebang di area lahan basah. Memilih metode yang paling sesuai dengan proyek kriteria bergantung pada sejumlah faktor, termasuk lokasi proyek,sinar matahari, dan arus air. Berikut ini adalah pengenalan tentang data penebang kayu dan praktik terbaik untuk berbagai solusi penginstalan

 

 

Ringkasan Data Logger

Pencatat data biasanya menggabungkan prosesor mikro, sensor, dan baterai daya dalam penutup kokoh yang dirancang untuk penggunaan jangka panjang. Para penebang dapat digunakan dan dibiarkan tanpa pengawasan selama berbulan-bulan sekaligus,mengumpulkan data pada interval yang ditentukan pengguna dan menyimpannya secara digital di memori logger. Oleh beroperasi dalam mode pemantauan 24/7 terus menerus, data logger menghilangkan banyak dari kerumitan pengumpulan data manual, dan memfasilitasi pemantauan multipel lokasi pada waktu yang sama. Pencatat data juga mengotomatiskan proses pengarsipan dan pelaporan data. Pengguna dapat dengan mudah memindahkan data logger ke perangkat seluler atau komputer dengan mudah membuat grafik rinci atau file data.Bagan dapat dengan mudah dicetak atau dibagikan elektronik untuk keperluan dokumentasi, sedangkan data elektronik bisa dibagikan dengan program lain atau diarsipkan. Beberapa data logger yang paling umum digunakan untuk memantau lahan basah adalah air tingkat, curah hujan, suhu air, konduktivitas air, oksigen terlarut, pH, dan pencatat suhu udara / kelembaban relatif. Berikut saran yang mungkin digunakan untuk pengumpulan data dalam aplikasi ini.

 

 

 

Onset’s HOBO BLE MX2001 Water Level Logger

 

 


• Ketinggian air
Data ketinggian air membantu peneliti menentukan berbagai faktor, seperti berapa banyak air mempertahankan lahan basah, menaikkan laju air, dan apakah upaya pengurangan volume limpasan efektif.
• Curah hujan
Penelitian seringkali membutuhkan data curah hujan perbandingan dengan air yang tertahan dan air yang kabur. Karena variabilitas spasial
hujan, disarankan untuk mengukur curah hujan di beberapa situs untuk mendapatkan nilai rata-rata curah hujan untuk daerah tersebut.
• Suhu air
Data suhu air sering digunakan untuk membantu peneliti menentukan apakah lahan basah memiliki suhu air yang cukup moderat sebelum masuk
saluran air.

• Konduktivitas air
Konduktivitas penebangan dapat membantu mengidentifikasi penyebab perubahan kualitas air. Meskipun konduktivitas tidak langsung memberi tahu Anda apa itu kontaminan saat ini, dimungkinkan untuk melihat waktu perubahan konduktivitas ayat kejadian lain untuk menentukan apa yang menyebabkan kontaminasi. (Sebagai contoh, jika konduktivitas berubah setelah peristiwa hujan, itu mungkin limpasan dari dekat tempat parkir yang menyebabkan masalah.) Menggabungkan pengetahuan ini dengan menganalisa sampel air dapat membantu untuk memberikan gambaran tentang apa itu kejadian.
• Oksigen terlarut
Oksigen terlarut (DO) merupakan indikator penting kualitas air di lahan basah, dengan tingkat DO yang lebih tinggi menunjukkan lingkungan yang mampu mendukung berbagai kehidupan tumbuhan dan hewan, dan tingkatan yang lebih rendah menunjuk pada habitat stres.
• pH
Indikator penting lainnya untuk kualitas air adalah pH. Ketersediaan hayati
nutrisi sangat tergantung pada pH air di mana mereka berada larut. Terkadang terdapat kelebihan nutrisi penting ini (seperti nitrogen atau fosfor, misalnya) yang dapat menimbulkan efek berbahaya di ekosistem perairan. Lahan basah membantu mengurangi efek ini kontaminan.
• Suhu / kelembaban udara
Data suhu udara dan kelembaban relatif biasanya digunakan untuk memahami dampak lahan basah pada suhu dan kelembapan kawasan.
• Penerimaan data
Data yang terkumpul dapat diambil baik dengan mengunduhnya ke laptop atau antar-jemput data genggam di lapangan, dengan komunikasi jarak jauh / telemetri, atau dengan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE), tergantung pada jenis data loggernya. Komunikasi jarak jauh memungkinkan akses berbasis Internet secara real-time ke data. Daripada pergi ke lapangan, pengguna cukup masuk ke file situs web untuk melihat dan mengunduh data. Ini menghemat waktu perjalanan dan meminimalkan potensi celah data karena kegagalan peralatan.

 

 

 

 

Pilihan Instalasi dan Pemasangan

Saat mengumpulkan data dari lahan basah selama beberapa bulan, salah satunya tantangan terbesar adalah memasang logger di lokasi yang aman. Di sini adalah instalasi yang disarankan untuk bawah air dan juga terkena sinar matahari langsung instalasi dengan beberapa pencatat data. Semuanya menawarkan keamanan yang hebat

 

Memasang penebang ketinggian air dan kualitas air di bawah airCinderblock: Mengamankan data logger ke cinderblock adalah opsi yang bagus untuk dua alasan. Berat balok membuat penebang berada di satu lokasi di atas jangka waktu yang lama, dan jika diatur dengan benar, air akan mengalir dengan mudah. Melakukan ini, pilih pipa PVC yang cukup besar untuk menampung logger. Kemudian buat lubang, Saat terakumulasidata dari lahan basah selama beberapa bulan,salah satu yang terbesartantangan sedang dipasang logger di tempat yang aman lokasi. 3 cinderblock cukup besar untuk menahan pipa PVC dan menyelipkan lubang pipa. Atau Anda bisa memasang pipa PVC ke sisi blok cinder denganikatan zip atau klem selang. Gunakan ikatan zip untuk memasang logger di dalam pipa, dan posisikan cinderblock pada sisinya untuk memungkinkan air mengalir melalui bukaannya.

 

 

Arm Hook anchoring method

 

 

Pengait Lengan: Konstruksi pengait lengan paling baik untuk memantau perairan dengan laju aliran minimal. Keuntungan dari konfigurasi ini adalah bahwa logger dapat melakukannya mudah diakses untuk pembongkaran data. Karena penebang hanya ditangguhkan di satu akhirnya, konstruksi ini umumnya tidak baik untuk perairan dengan arus yang kuat. Untuk buat pengait lengan, buat lubang di bagian datar berukuran 18 inci, kokoh, tidak bisa ditekuk besi tua. Potongan ini akan menjadi lengan. Buat lubang yang cukup lebar mengakomodasi cincin inci. Kemudian las lengan ke tiang pagar T di posisi level logger yang dimaksudkan pada sudut 90 derajat.Sebagian dari postingan akan masukke dalam tanah sehingga Anda harus memasukkan ketinggian tambahan ini saat menghitung posisi lengan. Setelah tiang ditumbuk ke dalam tanah sesuai keinginan lokasi dan kedalaman, pasang data logger ke kait pemasangan yang tahan lama pas melalui lubang pemasangan logger. Kait pemasangan harus memiliki ujung tawanan yang memastikan penebang akan tetap di tempatnya. Kemudian selipkan kailnya melalui lubang di lengan.

 

 

Stilling Well: Sumur pipa menyediakan area air yang stabil untuk pengukuran ketinggian air lebih akurat. Misalnya, sumur bor digunakan untuk melindungi melawan gelombang. Pertama, hancurkan tiang T logam ke tanah sesuai keinginan lokasi. Bagian belakang yang tenang sering kali merupakan lokasi yang baik untuk sumur pendiam, selama saat mereka melacak berbagai level air yang dipantau. Gunakan ritsleting yang besar dan kuat ikatan untuk memasang pipa PVC berlubang atau pipa PVC dengan lubang ke tiang T. Jika kamu tidak dapat menemukan salah satunya, Anda dapat dengan mudah mengebor lubang di pipa PVC. Lanjut, pasang kabel kawat ke data logger dan pasang ujung kabel lainnya bagian atas pipa. Kemudian, jatuhkan logger ke dalam pipa. Menggunakan baut lubang atau slot di bagian atas pipa adalah cara umum untuk memasang kabel atau logger.

 

 

Pipa PVC Sederhana: Gunakan ikatan zip untuk memasang kabel logger ke bagian luar Pipa PVC berdiameter 3 inci. Tumbuk pipa PVC ke tanah sesuai keinginan lokasi. Pipa PVC juga bisa digunakan sebagai penyegel dengan logger di dalamnya, selama Anda menggunakan pipa PVC berlubang atau lubang di sisinya telah dibor.

 

 

Memasang Stasiun Cuaca Tripod

 

 

Rebar anchor stakes

 

 

 

Stasiun cuaca dapat digunakan untuk memantau lingkungan luar yang terkait parameter seperti hujan, angin, dan suhu serta kelembaban relatif.
Biasanya, mereka terletak berdekatan dengan lahan basah, di atas tanah yang tetap kering. Jangkar kaki dengan patok tulangan melalui kaki tripod, lalu tambahkan kabel dan tandai agar orang dan hewan tidak tersandung atau menabraknya mereka. Pilihan lainnya adalah memasang stasiun cuaca pada pijakan yang menembus cukup dalam untuk berada di tanah yang stabil.

 

 

Tips Instalasi

Selain memastikan data logger terpasang dengan aman, hal ini penting untuk dilakukan jauhkan penebang dari sinar matahari langsung dan terlindung dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca, kondisi kimiawi, dan satwa liar.

 

 

Menghindari fouling: Manfaatkan opsi antifouling dari pabrikan. Misalnya, HOBO MX2501 pH Data Logger menyertakan file pelindung elektroda tembaga opsional untuk membantu elektroda menahan biofouling. Itu hal yang sama dapat dilakukan dengan pelindung sensor tembaga untuk HOBO U26 Logger Data Oksigen Terlarut.

 

 

Menghindari sinar matahari: Sinar matahari dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk peningkatan fouling, pembacaan suhu artifisial-tinggi karena solar pemanasan radiasi, dan variasi suhu berlebih yang dapat menyebabkan lebih besar kesalahan kompensasi suhu untuk pengukuran lain. Untuk membantu menghindari ketidakakuratan, gunakan hanya pipa PVC putih untuk sumur pipa dan instalasi pipa PVC sederhana. Putih memantulkan cahaya dan karenanya mengurangi matahari pemanasan radiasi. Saat memasang logger di tiang atau di luar Pemasangan pipa PVC, pasang di sisi utara (di belahan bumi utara) sehingga logger tidak terkena sinar matahari langsung sepanjang hari. Ketika menggunakan metode sumur bor, periksa pipa secara teratur untuk penumpukan alga. Jika cukup alga tumbuh di pipa, suhu di dalam pipa bisa naik. Untuk mengatasinya, bersihkan pipa secara teratur. Cara lain untuk menghindari suhu tinggi adalah dengan memasukkan data logger cinderblock, seperti yang dibahas. Metode ini membuat pencatat data berbayang saat terendam air. Saat memantau suhu dan kelembaban pengukuran di udara, pelindung radiasi matahari yang baik akan melindungi logger dari pemanasan yang disebabkan oleh sinar matahari langsung atau yang dipantulkan, sementara memungkinkan udara sekitar untuk bersirkulasi dengan bebas ke sensor.

 

 

Mencegah korosi pada bagian logam: Pastikan untuk menggunakan aksesoris pemasanganyang cukup tebal untuk menahan meskipun korosi dapat terjadi di lahan basah kondisi akibat fluktuasi antara kondisi aerobik dan anaerobik. Mencoba untuk pilih bahan yang tidak akan menimbulkan korosi, seperti PVC, atau baja tahan karat untuk air tawar aplikasi. Untuk pengait logam, rantai, dan potongan logam lainnya yang bisa dengan mudah menimbulkan korosi seiring waktu di lahan basah, kurangi laju korosi dengan menyemprotkan logam tiang dengan kait primer dan logam serta rantai dengan cat semprot vinil seperti Vinyl semprot. Melindungi peralatan dari hewan: Mencegah hewan pengerat dan hewan lainnya dari mengunyah melalui kabel data logger, jalankan kabel melalui saluran. Untuk mencegah kotoran burung menyumbat alat pengukur hujan, gunakan alat pengukur hujan yang dilengkapi dengan paku pencegah burung atau tambahkan sendiri di luar dari corong pengumpul pengukur hujan. Jika tidak, pastikan untuk membersihkan hujan mengukur secara berkala.

 

 

Daftar Periksa Penerapan Lapangan

 

 

 

 

 

 

Berikut ini adalah item daftar periksa untuk dikerjakan secara berkala sebelum, selama, atau setelah penyebaran data logger:

• Pastikan komputer yang digunakan untuk meluncurkan penebang memiliki yang terbaru versi perangkat lunak diinstal dan diatur ke zona waktu yang tepat.
• Periksa status baterai sebelum meluncurkan logger.
• Konfirmasikan bahwa penebang diatur ke interval penebangan yang benar. (Jika seorang penebang disetel ke “setiap detik” karena kesalahan, penyimpanan data akan terisi dengan cepat dan data yang diantisipasi tidak akan direkam.)
• Verifikasi operasi yang benar dengan memeriksa semua penebang
lima menit setelah diluncurkan ke konfirmasi bahwa mereka telah diatur dengan benar.
• Pastikan bahwa setiap angkutan data yang Anda inginkan gunakan memiliki firmware terbaru dan telah disinkronkan dengan jam komputer.
• Lakukan pengukuran manual terhadap kondisi seperti itu sebagai ketinggian air, konduktivitas, dan terlarut oksigen saat Anda menyebarkan penebang dan masing-masing saat Anda membongkar data. Pengukuran ini
dapat digunakan untuk kalibrasi lapangan data dan untuk periksa keakuratan data. Fouling bisa menyebabkan untuk pengukuran drift, dan pengukuran ini dapat digunakan untuk menyesuaikannya.
• Catat lokasi spesifik dari setiap logger di buku catatan lapangan Anda sehingga penebang dapat dengan mudah ditemukan. Ini dapat dicapai dengan mencatatnya Lokasi GPS dan pengambilan foto lokasinya.
• Periksa lokasi untuk memastikan bahwa logger belum pindah.
• Secara berkala membongkar data untuk menyediakan cadangan jika penebang beradahilang atau rusak nantinya.
• Carilah pertumbuhan alga dan bersihkan sesuai kebutuhan.
• Perhatikan korosi.
• Periksa selubung pelindung dari kerusakan.
• Periksa ikatan zip apakah ada kerusakan.

 

 

Produk Aksesori Pelindung

 

 

 

Selain membuat penebang dengan rumah yang kokoh, pemasok data logger sering menawarkan aksesori tambahan untuk memastikan perangkat aman di setiap iklim dan kondisi cuaca.

 

 

Berikut beberapa contohnya:
• Saat menggunakan penebang dengan komunikasi optik, seperti HOBO
Water Temp Pro v2 dari Onset,tutup opsional ditawarkan untuk menutupijendela komunikasi untuk mencegah penumpukan residu yang dapat mempengaruhi komunikasi. Boot pelindung juga tersedia untuk lebihperlindungan.

 

 

Data Logger konduktivitas dengan akurasi tinggi ini adalah cara yang hemat biaya untuk mengumpulkan data kualitas air. HOBO U24 mengukur dan mencatat konduktivitas dan suhu di sungai, danau, dan sumber air tawar lainnya. Logger ini direkomendasikan untuk memantau akuifer untuk intrusi air asin dan jalan serta limpasan pertanian. Akses terbuka produk ini ke sensornya menyederhanakan pembersihan dan pemeliharaan. Sensor non-kontak HOBO U24 meminimalkan kesalahan pengukuran yang terkait dengan penyimpangan. Selain itu, logger memiliki fitur kompensasi drift berbasis perangkat lunak.

 

 

Pencatat data Konduktivitas HOBO U24 memiliki fitur sensor non-kontak dengan lapisan Titanium Pentoxide. Lapisan ini mencegah sensor bersentuhan dengan air, yang pada gilirannya mencegah noda atau korosi yang terkait dengan sensor elektroda tradisional. Lapisan sensor ini juga inert, memungkinkan fouling dengan mudah dihapus dari sensor.

 

 

Fitur u24-001

  1. Sensor non-kontak memberikan umur yang panjang dan penyimpangan pengukuran yang lebih sedikit
  2. Menyediakan akses mudah ke sensor untuk membersihkan dan mengeluarkan gelembung udara
  3. Perangkat lunak HOBOware Pro memungkinkan kalibrasi titik awal / akhir untuk mengkompensasi setiap pengotoran dan menyediakan konversi yang mudah ke konduktansi dan salinitas tertentu
  4. Antarmuka optik USB menyediakan pembongkaran data berkecepatan tinggi dan andal di lingkungan basah
  5. Kompatibel dengan HOBO Waterproof Shuttle untuk pengambilan dan pengangkutan data yang mudah dan andal

 

 

• Rumah pelindung, seperti yang dirancang untuk HOBO U24 Conductivity Logger,sering kali tersedia untuk melindungi para penebang saat masihmemungkinkan akses mudah ke sana untuk pembongkaran data.

 

 

HOBO® MX2001 adalah pencatat data ketinggian air pertama di industri yang dirancang untuk pengaturan nirkabel yang nyaman dan mengunduh dari perangkat seluler melalui Bluetooth Hemat Energi. Logger secara dramatis menyederhanakan dan menurunkan biaya pengumpulan data lapangan dengan menyediakan akses nirkabel ke pengukuran ketinggian air dan suhu dengan akurasi tinggi langsung dari ponsel atau tablet dengan aplikasi HOBOconnect gratis dari Onset. Logger MX2001 terdiri dari unit ujung atas dan sensor ketinggian air yang dijual sebagai satu set, ditambah kabel baca langsung untuk menghubungkannya. Kabel dapat dipesan dengan panjang dari 0,2 hingga 500m untuk dipasang di berbagai sumur.

 

 

Fitur MX2001

  1. Pembongkaran data nirkabel ke perangkat seluler menggunakan Bluetooth Hemat Energi
  2. Sensor tekanan barometrik terintegrasi memungkinkan pembacaan ketinggian air secara langsung
  3. Kabel baca langsung menghubungkan sensor ke logger / pemancar ujung atas
  4. Kabel termasuk anggota kekuatan Kevlar
  5. Kabel dapat dipertukarkan sehingga penebang mudah untuk digunakan kembali dalam aplikasi masa depan
  6. Logger dan sensor menambah panjang kabel 0,39 meter
  7. Panjang kabel bisa bervariasi hingga 3% dari panjang yang dipesan
  8. Panjang kabel 1, 5, 10, 15, 30 dan 60 meter tersedia; panjang kabel khusus memiliki waktu tunggu 1 hingga 2 minggu
  9. Ketinggian air referensi dapat dimasukkan pada awal penyebaran
  10. Gunakan HOBOconnect untuk pengaturan, melihat data, dan berbagi data
  11. Didukung oleh dua baterai AA yang dapat diganti pengguna di unit ujung atas
  12. Beberapa mode logging: normal, logging multi-rate dan burst-logging yang dipicu oleh peristiwa
  13. Sensor keramik tahan lama
  14. Tersedia dengan ujung sensor baja tahan karat atau titanium
  15. Sertifikat kalibrasi terlacak NIST 3 poin disertakan untuk sensor tekanan air

 

 

• Tutup sumur pengunci memberikan keamanan, kenyamanan pemasangan untuk data logger HOBO di dalam sumur. Sebuah tutup sumur plastik yang digunakan dengan HOBO MX2001 BLE Water Level Data Logger dapat mendukung logger di bagian atas sumur untuk nirkabel optimal jangkauan transmisi.

 

 

Opsi Komunikasi

Komunikasi optik dan nirkabel lebih cocok untuk lahan basah, karena keduanya hindari kebutuhan untuk menghubungkan kabel. Keduanya memungkinkan pembongkaran data yang andal saat penebang basah atau hujan. Dengan nirkabel Bluetooth Hemat Energi (BLE) para penebang, ada keuntungannya bisa melepaskan data saat penebang itu masih dalam sumur, yang menghemat waktu. Selain itu, data dapat diturunkan dari jarak jauh dari logger dalam situasi yang mungkin memerlukan perolehan
akses dengan perahu atau dengan mengarungi area lahan basah

 




NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji