• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914
    0821 1431 0566
  • 0812 8333 5497
    0878 7867 0721

Mengenal Borescope Untuk Industri

Kamis, 16 September 2021

Borescope Industri adalah alat optik yang digunakan untuk melihat area yang seharusnya tidak terlihat pada peralatan industri.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah borescope dimasukkan ke dalam peralatan yang diukur tanpa merusak peralatan tersebut. Sebuah alat Borescope dapat terdiri dari:

- Cable Rigid or flexible
- Sumber Cahaya untuk menerangi target yang sedang diperiksa.
- Sistem optik yang dapat terdiri dari sistem lensa relai, sistem lensa batang, panduan gambar serat optik, kamera CCD atau CMOS.
- Lensa mata atau Monitor untuk melihat gambar

 

 

Aplikasi
Borescopes digunakan untuk memeriksa sistem dan peralatan industri secara tidak merusak untuk kondisi, suku cadang yang diproduksi untuk kualitas dan keamanan dan penegakan hukum untuk selundupan, intelijen dan keselamatan.

 

Pemeriksaan Umum yang dapat menggunakan borescope:
- Mesin Turbin
- Mesin pembakaran internal
- Pipa
- Tabung penukar panas
- Kotak roda gigi
- Mesin Las
- Pengambilan Benda Asing
- Bagian yang diproduksi atau mesin

 

 

Teknologi
Videoscope:
Sebuah videoscope atau video borescope biasanya menggunakan sensor kamera CCD atau CMOS, yang terletak di ujung borescope, untuk menghasilkan gambar yang diteruskan ke perangkat tampilan eksternal seperti monitor LCD.

Fibrescope:
Fiberscope menggunakan panduan gambar serat optik untuk mengirimkan gambar dari lensa objektif ke lensa relai. Gambar dapat dilihat melalui lensa mata atau dihubungkan ke adaptor dan dilampirkan ke kamera CCD untuk melihat video secara real-time.

Borescope kaku:
Sebuah borescope kaku menggunakan sistem lensa untuk menyampaikan gambar dari tujuan ke lensa relay. Gambar kemudian dapat dilihat melalui lensa mata atau dihubungkan ke adaptor dan dilampirkan ke kamera CCD untuk melihat video secara real-time.

 

Fitur yang terdapat di Borescope:
Video
Kamera CCD memungkinkan pembuatan videoscope resolusi tinggi atau video borescopes. CCD memberikan inspeksi borescope keseluruhan yang lebih baik daripada fiberscopes atau borescopes fleksibel. Videoscopes sekarang digunakan untuk sebagian besar inspeksi borescope, kecuali dalam pengukuran yang memiliki akses sangat terbatas dan memerlukan fiberscope berdiameter kecil.

 

Pengukuran
Borescopes video telah dikonfigurasi dengan kemampuan untuk mengukur cacat kecil dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini memungkinkan inspeksi borescope untuk dikuantifikasi. Ini sangat penting dalam inspeksi turbin pesawat di mana turbin dapat tetap beroperasi lebih lama daripada yang bisa dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

 

CMOS
Semikonduktor Oksida Logam Gratis (CMOS) dengan cepat menjadi komponen borescopes video yang terjangkau dan memungkinkan sistem yang sangat terjangkau tersedia hanya dengan beberapa ratus dolar. Borescope video dengan sensor CMOS belum memiliki resolusi gambar borescope dengan CCD, namun celahnya tertutup dengan cepat.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji