• Alat Uji
  • sales@alatuji.com
    eki.alatuji@gmail.com
    parmin.alatuji@gmail.com
    marketing.hobo@taharica.com

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914
  • 0812 8333 5497
    0878 7867 0721

Seberapa Pentingkah Pengujian Kekerasan Material

Kamis, 28 Oktober 2021

Pengujian kekerasan (Hardness Tester) adalah bentuk pengujian material yang banyak digunakan. Pengujian ini relatif mudah untuk dilakukan dan biasanya sepenuhnya atau minimal tidak merusak, dan juga sebagian besar instrumentasi tidak mahal jika dibandingkan dengan jenis peralatan pengujian material lainnya serta dapat dilakukan langsung pada komponen tanpa perubahan besar. Sementara pengujian perangkat keras dan teknik telah meningkat pesat seiring dengan kemajuan zaman elektronik dan komputer dari teknik sebelumnya termasuk pengujian awal yang sederhana.

 

Pengujian ini didasarkan pada batang yang kekerasannya meningkat dari ujung ke ujung. Tingkat di mana bahan yang diuji dapat menghasilkan goresan pada batang dianggap sebagai faktor penentu dalam kekerasan spesimen. Bentuk pengujian kekerasan selanjutnya terdiri dari menggores permukaan material dengan berlian dan mengukur lebar garis yang dihasilkan dan, akibatnya, lekukan material menggunakan bola baja di bawah gaya. Dengan meningkatnya kebutuhan manufaktur yang dibawa oleh industrialisasi global, dan kemudian permintaan yang jauh lebih mendesak selama Perang Dunia, teknik dan mesin yang lebih halus dikembangkan.

 

Bentuk pengujian yang efisien dan akurat diperlukan untuk menanggapi kegagalan struktural, tuntutan manufaktur yang berat, dan kebutuhan untuk merancang integritas material yang memadai ke dalam infrastruktur global yang berkembang. Baru-baru ini, kemajuan penting dalam elektronik, perangkat keras, dan perangkat lunak telah menghasilkan peralatan pengujian kekerasan yang jauh lebih canggih yang dapat dengan andal, cepat, dan dengan presisi ekstrem, menawarkan informasi penting yang berguna dan properti.

 

Apa Tepatnya Pengujian Kekerasan Indentasi?
Definisi yang paling umum digunakan dan mendasar adalah ketahanan material terhadap deformasi plastis permanen. Sementara bentuk lain dari pengujian kekerasan, seperti elektromagnetik, rebound, dan ultrasonik, digunakan dalam berbagai aplikasi dan mengukur kekerasan material melalui teknik lain, pengujian kekerasan lekukan menawarkan jenis pengujian yang sederhana, andal, dan dipahami secara umum. Ini diukur dengan memuat indentor geometri dan properti tertentu ke material untuk jangka waktu tertentu dan mengukur kedalaman penetrasi atau dimensi kesan atau lekukan yang dihasilkan. Kedalaman penetrasi, atau dimensi indentasi menjadi lebih besar karena material yang diuji lebih lembut.

 

Varietas pengujian kekerasan yang umum termasuk Rockwell (kedalaman lekukan atau lekukan yang tidak dipulihkan), Brinell (area lekukan), dan Knoop/Vickers. Pengujian Rockwell adalah metode yang paling sering digunakan berdasarkan hasil cepat yang dihasilkan dan biasanya digunakan pada paduan dan logam. Pengujian Knoop dan Vickers lebih ideal untuk pelapis, material tipis, dan komponen metalografi terpasang. Aplikasi pengujian Brinell biasanya mencakup kerangka baja besar, besi cor, dan aluminium. Beberapa pengujian kekerasan dapat dilakukan dalam hitungan detik dengan perangkat genggam.

 

Indentasi yang dibuat oleh uji kekerasan dapat berupa ground out, atau bisa sangat kecil sehingga tidak mempengaruhi kinerja atau penampilan komponen. Karena pengujian dilakukan pada komponen itu sendiri, setiap produk atau pemeriksaan langsung produk dapat diuji sebelum dikirim ke pelanggan.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji