• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0821 1431 0566
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Meningkatkan Kualitas Ayam Ternak Dengan Hobo Temperatur

Sabtu, 26 September 2020

Di zaman yang serba modern ini. Banyak perubahan yang telah terjadi, Bahkan kandang ayam pun mengalami perubahan besar yang mana tampil dengan gaya modern dan kekinian.

 

Kenapa kandang ayam harus modern dan kekinian? Karena beternak ayam adalah bisnis yang selektif dan kompetitif.

 

Selain kandang ayam yang harus terlihat modern dan kekinian, suhu pada kandang juga penting dan harus di pehatikan karena dapat mempengaruhi  pertumbuhan, berat badan, nafsu makan dan minum.

Inilah Contoh nyata yang di dapat dari hasil penelitian…

 

Ayam pedaging periode starter yang dipelihara pada suhu 28?C memiliki rataan konsumsi pakan, pertambahan bobot badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam yang dipelihara pada suhu 32?C. Ayam yang dipelihara pada suhu 28ºC memiliki konsumsi pakan 1393,4 g, konsumsi air minum 3651,4ml, pertambahan bobot badan 166g, konversi pakan 1,6.

 

 

Ayam yang dipelihara pada suhu 32ºC memiliki konsumsi pakan 1119,5g, konsumsi air minum 4251,9ml, pertambahan bobot badan 148,1g dan konversi pakan 1,3. Ayam pedaging periode starter yang dipelihara pada suhu 32?C memiliki rataan konsumsi minum yang lebih tinggi dibanding dengan ayam yang dipelihara pada suhu 28?C.

 

Hasil analisis menunjukkan bahwa ayam pedaging yang dipelihara pada suhu 28ºC konsumsi pakannya lebih banyak dibandingkan dengan ayam pedaging yang dipelihara pada suhu 32ºC. Hal ini disebabkan karena ayam pada suhu 32ºC mendapat cekaman panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam pada perlakuan 28ºC, sehingga ayam pada suhu 32 ºC menurunkan konsumsi pakan.

 

Hal ini sesuai dengan pendapat Wahyu (1998) menyatakan bahwa konsumsi pakan yang dikonsumsi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ras ayam, tingkat produksi, temperatur lingkungan, sistem kandang, periode pertumbuhan dan adanya penyakit.

 

Kusnadi (2006) menyatakan bahwa tingginya suhu lingkungan di daerah tropis pada siang hari dapat mengakibatkan terjadinya penimbunan panas dalam tubuh, sehingga ternak mengalami cekaman panas. Ayam broiler termasuk hewan homeothermis, akan mempertahankan suhu tubuhnya dalam keadaan relatif konstan antara lain melalui peningkatan frekuensi pernafasan dan jumlah konsumsi air minum serta penurunan konsumsi ransum.

 

Berdasarkan penelitian diatas tentunya suhu sangat mempengaruhi terhadap kualitas dan kondisi pada ayam sehingga berpengaruh terhadap keuntungan penjualan ayam.

 

Pemilik atau pengelola perternakan ayam di Negara maju menggunakan alat pengukuran suhu atau temperature untuk meningkatkan kualitas dari ayam tersebut. Di Amerika sendiri pengguaan data logger suhu pada perternakan adalah sesuatu hal yang wajib mengingat suhu disana terbagi menjadi 4 musim.

 

Bagaimana cara data logger suhu atau temperature ini bekerja agar membuat kualitas ayam menjadi baik? Seperti pada HOBO Data Logger, Anda bisa menggunakan alat pengukur suhu HOBO Data Logger Temperature yang berfungsi untuk mengukur dan menganalisa suhu dan tekanan udara dengan tepat dan akurat, sehingga memungkinkan anda untuk mengatur suhu yang ada di dalam kandang.

 

Di Indonesia sendiri, Data Logger Temperature atau suhu sudah digunakana di berbagai perusahaan seperti pada perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia dan ada juga PT Malindo Feedmill. Kedua perusahaan tersebut menggunakan HOBO U23 V2.

 

Sensor dan timbangan portable murah? Klik disni

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk HOBO silahkan hubungi chat online kami.




Produk Terkait dengan artikel Meningkatkan Kualitas Ayam Ternak Dengan Hobo Temperatur


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji