• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
  • 0819 4401 4959 (Mr. Arya)
    0812 1171 0829 (Ms. Rara)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)

Manfaat Menanam Pohon dan Merawat Pohon Untuk Cegah Terjadinya Banjir

Senin, 1 Juli 2024

Di penghujung bulan Februari ini intensitas hujan semakin tinggi ditambah angin kencang. Pada tanggal 26 Februari 2020 saja sudah banyak daerah perkotaan yang sudah terendam air karena intensitas hujan tinggi. Solusi mencegah agar terhindar dari banjir adalah dengan cara membersihkan gorong-gorong dan parit agar tidak adanya sampah atau benda yang tersumbat ketika derasnya air yang mengalir akibat hujan lebat serta penanaman pohon dan perawatan pohon agar air dapat terserap ke dalam tanah melalui akar pohon.

 

Penanaman pohon dan merawat pohon adalah salah satu cara untuk mencegah terjadinya banjir. Bagaimana caranya agar pohon bisa mencegah terjadinya banjir? Pohon akan berperan sebagai spon yang akan menyerap air melalui akar tanah, oleh karena itu semakin banyak pohon, maka air akan terserap dan di alirkan ke dalam tanah melalui akar pohon. Tetapi mengatasi banjir dengan menanam pohon tidak bisa secara instan. Jika banjir sudah terjadi dan kalian baru menanam pohon, itu tidak akan berhasil apa lagi jika ditanam dengan pohon kecil, itu tidak akan berpengaruh sama sekali.

 

Jual alat uji pohonSumber: Peekaboo Kidz via Youtube

 

Mencegah terjadinya banjir dengan cara menanam pohon harus dilakukan sebelum memasuki musim penghujan. Persiapan ini harus dilakukan sejak dini agar akar pohon dapat bekerja dengan maksimal dan tentunya kita harus merawat pohon juga agar pohon tidak mati atau lapuk sehingga penyerapan air bisa sempurna.

 

Jika satu pohon saja bisa menyerap air maka jika ditanam ratusan pohon maka banjir yang melanda hampir setiap tahunnya pasti akan bisa teratasi. Penanaman pohon dapat dilakukan di lahan-lahan kosong seperti sepanjang jalan perkotaan, halaman rumah, taman-taman kota dll. Tidak hanya menanam pohon, kita juga harus merawat pohon seperti memberikan air ketika musim kemarau, memberikan pupuk agar tumbuh subur, dan salah satunya dengan menggunakan alat pengujian pohon.

 

 

Alat pengujian pohon adalah alat yang berfungsi untuk mengukur kelayakan pada pohon. Cara mengukur kelayakan pada pohon adalah dengan cara mendeteksi rongga pada pohon, kekuatan pada akar pohon, kekuatan pohon ketika terkena angin kecang dll. Pengujian ini dapat dilakuakn dengan alat pengujian pohon atau tree for testing. Dinas Kehutanan Kota DKI Jakarta menggunakan alat pengujian pohon FAKOPP sebagai alat untuk mengukur kelayakan pada pohon di perkotaan.

 

Alat pengujian pohon FAKOPP ini adalah alat pengujian pohon yang menggunakan teknologi terkini yang dapat mendeteksi rongga pohon dengan fitur 3D sehingga memudahkan user atau penguji membaca hasil dari pengujiannya. Alatuji bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Kota DKI Jakarta untuk mensupplai alat pengujian pohon FAKOPP.

 

Mengapa harus berpartner dengan alatuji.com? Kami adalah pemasok alat pengujian dan pengukuran berkualitas di beberapa perusahaan ternama baik perusahaan BUMN ataupun Swasta. Kami juga memberikan after sales yang terjamin dan memberikan pelayanan terbaik.

 

Alatuji.com sebagai perusahaan yang bergerak di bidang trading dan monitoring system indonesia memiliki pengalaman dalam melakukan pengujian sipil dan juga pengujian SHMS pada berbagai jenis bangunan seperti jembatan, bendungan, tambang,gedung dan konstruksi lainnya. Solusi jasa pengujian sipil terpercaya? kami solusinya

 

Untuk informasi lebih lanjut terkait pemesanan dan konsultasi dapat menghubungi kami di 021-8690-6777 atau email di sales@alatuji.com.




Produk Terkait dengan artikel Manfaat Menanam Pohon dan Merawat Pohon Untuk Cegah Terjadinya Banjir


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji